Selasa, 07 April 2009

Etika Komunikasi

Etika Komunikasi

A. Etika dan etiket yang baik dalam komunikasi

Berikut di bawah ini adalah beberapa etika dan etiket dalam berkomunikasi antar manusia dalam kehidupan sehari-hari :

    1. Jujur tidak berbohong
    2. Bersikap Dewasa tidak kekanak-kanakan
    3. Lapang dada dalam berkomunikasi
    4. Menggunakan panggilan / sebutan orang yang baik
    5. Menggunakan pesan bahasa yang efektif dan efisien
    6. Tidak mudah emosi / emosional
    7. Berinisiatif sebagai pembuka dialog
    8. Berbahasa yang baik, ramah dan sopan
    9. Menggunakan pakaian yang pantas sesuai keadaan
    10. Bertingkah laku yang baik

B. Teknik komunikasi yang baik

a. Menggunakan kata dan kalimat yang baik menyesuaikan dengan lingkungan
b. Gunakan bahawa yang mudah dimengerti oleh lawan bicara
c. Menatap mata lawan bicara dengan lembut
d. Memberikan ekspresi wajah yang ramah dan murah senyum
e. Gunakan gerakan tubuh / gesture yang sopan dan wajar
f. Bertingkah laku yang baik dan ramah terhadap lawan bicara
g. Memakai pakaian yang rapi, menutup aurat dan sesuai sikon
h. Tidak mudah terpancing emosi lawan bicara
i. Menerima segala perbedaan pendapat atau perselisihan yang terjadi
j. Mampu menempatkan diri dan menyesuaikan gaya komunikasi sesuai dengan karakteristik lawan bicara.
k. Menggunakan volume, nada, intonasi suara serta kecepatan bicara yang baik.
l. Menggunakan komunikasi non verbal yang baik sesuai budaya yang berlaku seperti berjabat tangan, merunduk, hormat, ces, cipika cipiki (cium pipi kanan - cium pipi kiri)
m. Dan lain sebagainya.


Sumber : http://etika-filsafat-komunikasi.blogspot.com


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda